Fahri Bakhar

November 22, 2013

"Bali asik banget kalo hujan, kayak bogor. tadi gw nyasar dong mau ke central parkir dari kuta" Isi sms saya pada fahri di hari kedua saat saya berada di bali. 

F : "Ini kayaknya bali sedih gegara lo dateng deh :))" 
A : "Jimbaran hujan deres banget"
F : "Udah kemana aja? Ini seriusan, bali tumben hujan lho"
A : "Tumbennya itu emang jarang banget?"
F : "Jarang yuk. tergantung tingkat keresahan jomblo"

Bali, Pertengahan bulan november 2013.
Jimbaran. Tak biasanya seteduh ini. 

Dua hari berselang, saya menghubungi fahri kembali.
"Gw udah di commday horreee :D"

Bali Community Day, Kertalangu, Denpasar.

Matahari sedang semangat siang itu menyapa bali. Menyimpan tas di belakang panggung, melihat sekeliling, saya berdiri di depan kain putih berisi tanda tangan pengunjung bali community day saat itu. Fahri menghampiri dan menyapa saya

Saya tak mengenalnya sebelumnya. Sosok ikal dan bertubuh besar ini seharusnya pernah saya ingat ketika sama-sama hadir di acara studentxceo summit tahun 2012 di ITB. Saya yang mewakili komunitas saya untuk presentasi kala itu tidak sepenuhnya mengikuti rangkaian acara dan memilih mencari tempat makan di luar ITB usai presentasi.

Karena sebuah pertemuan dengan mentari nurinda saat melakukan perjalanan tanah timur jawa-bali itulah kemudian melalui dunia maya saya diingatkan kembali pada sosoknya yang pernah saya kenal namanya tapi tidak dengan orangnya. 

Saya lantas menghubungi mentari nurinda bertanya soal fahri dan niatan saya yang hendak ke bali. Fahri lahir dan tinggal di bali, di tahun 2013 ini ia adalah kepala sekolah Akademi Berbagi chapter Bali. 



Ketika saya hendak pamit dan akan menuju gianyar, kami sempat mengobrol di sisi kiri panggung.. "Lo ternyata kecil yah?" ia lantas membandingkan tinggi dan postur badannya yang lebih besar dibandingkan saya.

Meski ia tak bisa menemani saya selama di bali. Saya berterima kasih banyak karena ia rela meluangkan waktunya di hari kerja menunggu saya, duduk manis sejam di bandara hanya untuk memberi buah tangan yang banyak ini :))


Kertalangu, 2013