August 20, 2017

Sebelum berlalu

Di hari ulang tahun saya, tidak ada lilin, tidak ada kue, tidak ada bunga dan tidak ada ucapan khusus seperti biasa. Seingat saya hanya ada satu kali dimana ada lilin, ada kue dan teman-teman saya, yaitu ketika memasuki usia 4 tahun. Hari itu saya mengenakan gaun putih selutut dengan hiasan bunga berwarna merah di dada kiri. Teman-teman kecil saya hadir membawa hadiah, beberapa diantar oleh orangtuanya, berpakaian rapi, rambut disisir, dan bedak yang tidak hanya dikenakan pada wajah tetapi hingga ke sebagian rambut. 

Seharusnya saya menceritakan padamu, bagaimana saya melewatkan hari ulang tahun saya beberapa hari yang lalu. Hari yang saya lewatkan dengan melakukan perjalanan tak tentu arah seorang diri, hari dimana justru keluarga berkumpul untuk acara khusus adik perempuan saya, hari yang terasa lebih panjang dari biasanya. Seringkali saya tak tahu bagaimana cara membagi sesuatu hal pada orang lain. Hari yang panjang itu toh tetap baik-baik saja meski dunia kian sesak oleh orang-orang yang riuh berebut perhatian.

Saya berusaha tidak menghitung berapa ribu langkah lagi yang harus saya tempuh di jalan yang saya pilih kini. Saya justru harus lebih banyak bersyukur dan berterimakasih untuk semua hari-hari yang mengajarkan bahwa hidup adalah rentetan proses yang panjang.

0 Komentar: