September 11, 2016

Dengan statistik makin dekat dengan Allah

Bogor, 8 Dzulhidjah 1437 H

Dunia dipenuhi banyak angka. Populasi manusia jika dikumpulkan akan menghasilkan banyak angka. Berapa banyak manusia jika dikumpulkan di satu tempat? dan berapa banyak manusia jika dikumpulkan di padang mahsyar?

Dosen S2 yang mengajar mata kuliah ekonometrika, Ustadz Dr. Hendri Tanjung, menyampaikan aplikasi statistik dan kaitannya dengan selamat atau tidaknya manusia dari api neraka.

Dengan statistik nilai rata-rata, nilai tengah, nilai yang sering muncul dan bagaimana sebarannya bisa dihitung dengan mudah. Lantas bagaimana jika yang dihitung adalah populasi manusia ketika dikumpulkan di padang mahsyar?

Manusia ketika menunggu keputusan Allah dalam kegelapan dan tak satupun berbicara antara satu dengan yang lainnya di padang mahsyar akan diliputi dengan rasa cemas juga dengan keringat bercucuran karena matahari yang letaknya sangat dekat.

Dosen saya itu kemudian memberikan contoh dengan mulai membangkitkan bilangan acak menggunakan data analysis.


Manusia-manusia dibangkitkan Allah di hari kebangkitan. Seluruh bagian tubuh manusia akan hancur dimakan tanah, namun ada satu tulang yang tidak dimakan tanah selamanya yaitu tulang ekor. Dari tulang tersebut manusia disusun (kembali) pada hari Kiamat.



إِنَّ فِي الإِنْسَانِ عَظْمًا لاَ تَأْكُلُهُ اْلأَرْضُ أَبَدًا، فِيْهِ يُرَكَّبُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، قَالُوْا أَيُّ عَظْمٍ هُوَ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: عَجْبُ الذَّنَبِ
"Sesungguhnya pada diri manusia ada satu tulang yang tidak dimakan tanah selamanya. Padanya manusia disusun (kembali) pada hari Kiamat". Para sahabat bertanya, "Tulang apakah itu, wahai Rasulullah?" Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, "Tulang ekor". (Hadits shahih. Diriwayatkan oleh Muslim, no. 5255)

Setelah itu digunakan Tool Random Number Generation pada Microsoft Excel untuk menghasilkan sekumpulan data secara acak berdasarkan beberapa distribusi. Contoh jika ada 1.000.000 data, komputer akan bekerja dalam beberapa detik dan akan muncul hasilnya dalam tabel output.
 
Dengan kuasa Allah, Allah tidak perlu butuh waktu lama untuk membangkitkan seluruh manusia. Allah mengingatkan kita tentang apa yang terjadi setelah alam dunia di Al-Quran Surat Al-Adiyat ayat 9 dan 10:



أَفَلَا يَعْلَمُ إِذَا بُعْثِرَ مَا فِي الْقُبُورِ (9) وَحُصِّلَ مَا فِي الصُّدُورِ (10
"Maka apakah dia tidak mengetahui apabila dibangkitkan apa yang ada di dalam kubur, dan dilahirkan apa yang ada di dalam dada?"

Manusia dikumpulkan di padang mahsyar setelah dibangkitkan, Allah kemudian me-retrieve dan mengambil data berupa amalan yang sudah di perbuat manusia selama di dunia.

Berapa banyak manusia yang akan dibangkitkan? Nabi Harun A.S. saja hidup 1500 tahun Sebelum Masehi. Saat ini kita hidup di tahun 2016 Masehi. Bisa dibayangkan betapa banyaknya manusia yang hidup didunia sejak zaman Nabi Adam A.S. dan akan dibangkitkan seluruhnya kemudian dikumpulkan di padang mahsyar dengan membawa catatan amalan masing-masing untuk dipertanggungjawabkan.

Sesungguhnya manusia diciptakan seimbang, sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran Surat Al-Mulk ayat 3:



الَّذِي خَلَقَ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ طِبَاقًا ۖ مَا تَرَىٰ فِي خَلْقِ الرَّحْمَٰنِ مِنْ تَفَاوُتٍ ۖ فَارْجِعِ الْبَصَرَ هَلْ تَرَىٰ مِنْ فُطُورٍ
"Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?"

Allah menjelaskan bahwa manusia sebagai ciptaan Allah diciptakan seimbang, kemudian Allah ulang lagi, (Maka lihatlah berulang-ulang) artinya lihatlah kembali apakah ada sesuatu yang tidak seimbang.

Perihal seimbang ini dalam sebaran normal dapat digambarkan dengan bentuk kurva simetris. Yang berarti seimbang di kedua sisi. Begitu juga Allah menciptakan manusia. Seimbang. Tidak retak ataupun berbelah-belah.

Dengan statistik kemudian kita belajar untuk makin dekat dengan Allah. Ilmu terserap tidak hanya karena hadir dalam majelis ilmu, tetapi doa dan keberkahan yang datang dari para guru dengan keikhlasan mereka dalam mengamalkan ilmu. Sebab keberkahan ilmu akan senantiasa berhubungan dengan kehidupan kita.
اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً وَرِزْقًا وَاسِعًا وَاِلَى الْخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ بَعِّدْنَا
"Ya Allah, aku memohon kepada Engkau, ilmu yang bermanfaat, amal perbuatan yang diterima, rizqi yang lapang, dan dekatkanlah aku ke perilaku yang baik serta jauhkanlah aku dari perbuatan yang buruk".

July 19, 2016

Rumah Langit

Bekasi 16-17 Juli 2016,

Saya membatasi diri saya untuk berkomunikasi dengan teman-teman saya sejak 3 tahun terakhir, karena saya yakin tiap orang memiliki kehidupannya sendiri-sendiri.

Termasuk pada 3 orang teman baik saya, kak nung, kak nay dan kak yani yang saya kenal karena pernah bersama-sama melakukan perjalanan.

Setelah 6 jam perjalanan dari bogor menuju bekasi, saya akhirnya tiba di rumah kak nung. 2 tahun tidak bertemu, saya dan kak yani memutuskan untuk menginap sementara kak nay pulang ke rumah. Kak nung adalah ibu dengan satu orang putra bernama Langit Biru.

Bertemu langit 2 tahun yang lalu 8 jam setelah dilahirkan, kemudian pertemuan kedua di umurnya 3 bulan, anak ini kini genap berumur 2 tahun. Langit menyukai buku. Dibuka halamannya satu per satu. Diulangnya hingga berkali-kali.

"Langit, saya kenalin buku dari bayi. Bukan supaya dia bisa baca. Tapi supaya dia suka buku" Ujarnya lagi.


"Anak harus dipersiapkan sejak dini untuk menghadapi perang yang lebih besar di masa depan dan ini tantangan yang tidak bisa dihindari." 


Keesokan paginya, terik matahari pagi di bekasi menemani kami bermain seharian dengan langit, ia senang sekali meminta saya menceritakan isi buku teteh (judulnya hmmm dari rabbithole id), langit menyebutnya buku teteh karena ada karakter anak perempuan yang ia panggil teteh. Isi bukunya sampai saya hafal karena diulang berkali-kali. Sehat dan bahagia terus, nak!




April 16, 2016

Menikah atau S2?

“If you do what you’ve always done, you’ll get what you’ve always gotten.” – 
Ketika makan siang, salah seorang teman saya tiba-tiba bertanya, 
"Mau nikah atau S2 mba?" pertanyaan yang terlontar usai saya menyampaikan niat untuk mengundurkan diri dari pekerjaan. Saya yakin ada hal-hal baik yang Allah persiapkan.
"Sesungguhnya jika engkau meninggalkan sesuatu karena Allah, niscaya Allah akan memberi ganti padamu dengan yang lebih baik." Hadist Riwayat Ahmad
اللهم لا تجعل الدنيا اكبر همّنا 
Wahai Allah, janganlah Engkau jadikan urusan dunia itu sebagai kegelisahan terbesar bagi kami.

April 12, 2016

Rabbani Tour Ramah Bagi Penyandang Disabilitas

"Jazakumullah kepada Rabbani telah menjadi sahabat sejati kami menuju ke Baitullah untuk menunaikan ibadah umroh” ujar Faisal Rusdi di akun twitternya. 

Bagi yang belum mengenal Faisal Rusdi, ia adalah seorang Pelukis Realis Internasional dengan mulut yang memiliki banyak prestasi. Meski dengan keterbatasan, Faisal rusdi bersama istrinya, Cucu Saidah yang juga seorang pejuang penyandang hak disabilitas melaksanakan ibadah umroh bersama Rabbani Tour.
Faisal Rusdi dan Cucu Saidah umroh bersama Rabbani Tour. 
Sumber : twitter @faisalrusdi3
Konsep Islam yang mengajarkan bahwa Allah tidak membeda-bedakan umat-Nya dibuktikan Rabbani Tour sebagai travel umroh yang melayani dengan baik calon jamaahnya. Dalam Q.S. Al-Hujurat ayat 13 Allah SWT menegaskan bahwa yang paling mulia adalah yang paling bertakwa. Sehingga sudah selayaknya para penyandang disabilitas, seperti halnya Faisal Rusdi dan Cucu saidah memiliki hak yang sama untuk mendapatkan akses yang mudah, apalagi di saat mereka bertujuan untuk beribadah kepada Allah SWT.
 

Disabilitas seseorang tak mengurangi kualitasnya sebagai hamba Allah yang ingin dekat dengan Tuhannya, meski fisiknya berada dalam keadaan khusus. 

Dari Abu Hurairah berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya Allah tidak melihat pada bentuk fisikmu dan hartamu, tetapi Dia melihat pada hati dan perbuatanmu” (H.R. Muslim).

Rasulullah SAW bahkan pernah menerima teguran Allah SWT yang dijelaskan dalam Al-Quran Surat An-Naba ayat 1-16. 

Saat itu Rasulullah SAW pernah mengabaikan seorang penyandang disabilitas yaitu Abdullah bin Ummi Maktum, seorang tunanetra. Abdullah berkata, “Wahai Rasulullah, ajarkanlah kepadaku ayat-ayat yang telah diajarkan Allah kepadamu”
Rasulullah SAW tidak memperdulikan permintaan Abdullah bin Ummi Maktum. Beliau membelakangi Abdullah dan melanjutkan pembicaraan dengan pembesar Quraisy yang diharapkan agar masuk Islam. Kemudian Allah SWT menurunkan surat An-Naba sebagai teguran atas sikap Rasulullah SAW tersebut.

Oleh karenanya, agama adalah hubungan interaksi yang baik antar individu dan lingkungannya. Rabbani Tour sesuai dengan keterangan yang dikutip dari website Rabbani Tour, tidak hanya sebagai penyedia jasa memberangkatkan jamaah ke tanah suci tetapi juga membantu jamaah untuk senantiasa terjaga keimanan dan ketentraman hati jamaah setiap saat.
Kelebihan Rabbani Tour
Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, Rabbani Tour menempatkan dirinya sebagai Sahabat menuju Baitullah, Sahabat yang mendampingi jamaah menyalurkan rindu menggebu yang dicurahkan melalui ibadah kepada Allah SWT, mengunjungi Baitullah sebagai simbol tempat bernaung dan magnet kehidupan. Sebab hanya pada Allah-lah kita semua kembali.
 

Rabbani Tour tidak hanya mengajak jamaahnya mengerjakan tata cara umroh saja tetapi membekali jamaah mulai dari persiapan umroh dengan adanya manasik, pemberian tips perjalanan, pemberian perlengkapan umroh yang dapat membantu ibadah dan ketika di perjalanan. Kemudian ibadah juga diiringi dengan bimbingan ibadah lainnya secara maksimal. Misalnya, mengaji, tata cara mandi besar, atau Tahajud bersama di Baitullah. 

Pasca umroh, Rabbani Tour juga melaksanakan Majelis Cinta Rabbani guna mempererat silaturahim serta menambah ilmu. Dengan didampingi para pembimbing yang sudah berpengalaman, kenyamanan jamaah menjadi prioritas utama yang dikedepankan oleh Rabbani Tour.
Jamaah Umroh Reguler Rabbani Tour
Sumber : Facebook Rabbani Tour
Harga yang ditawarkan oleh Rabbani Tour sangat kompetitif dikarenakan Rabbani Tour sudah membayar seat pesawat jauh hari sebelum keberangkatan, begitu juga dengan hotel. Paket yang ditawarkan pun bermacam-macam, mulai umroh reguler, umroh plus hingga paket muslim tour. 
Umroh Ramadhan
Salah satu paket umroh adalah umroh di bulan suci Ramadhan yang mempunyai keutamaan sangat besar. 

Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas r.a, Rasulullah SAW pernah bertanya kepada salah seorang wanita anshar: “Mengapa anda tidak ikut haji bersama kami?” “Kami hanya memiliki 2 ekor unta. Unta yang satu dipakai suamiku bersama anakku pergi haji. Sementara yang satu digunakan untuk mengairi kebun.” Jawab wanita itu. Kemudian Rasulullah SAW menyarankan, Jika datang bulan Ramadhan, lakukanlah umrah. Karena umrah di bulan Ramadhan, senilai haji bersamaku. (HR. Bukhari 1782 dan Muslim 1256).

Selain itu, ada juga paket umroh plus Aqsha dimana Masjidil Aqsha memiliki kemuliaan dan keutamaan tersendiri. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW: 

"Janganlah Kalian bersusah Payah melakukan perjalanan Jauh kecuali menuju tiga Masjid : Masjidku ini (Masjid Nabawi), Masjid Al Haram (Makkah) dan Masjid Al Aqsha." (HR.Al Bukhari Muslim).

Paket Umroh Plus Aqsha di Rabbani Tour akan mengajak kita menjelajahi bumi para Nabi, berziarah ke makam-makam para nabi yang tersebar di kota Jerussalem, Hebron, Jericho, serta mengunjungi kota Bethlehem, Laut mati, tour di kota Amman Jordania dan diakhiri dengan berumroh ke tanah suci.
 

Umroh di bulan desember 2016 yang bersamaan dengan liburan akhir tahun dapat menjadi pilihan tepat dalam memanfaatkan waktu libur dengan beribadah ke tanah suci.   

Rabbani Tour juga memiliki paket muslim tour diantaranya Turki Muslim Tour, menikmati indahnya langit turki dengan mengunjungi Emirgan Park yang terkenal dengan Festival Tulip, festival langka yang hanya ada setahun sekali. Selain itu, Turki, khususnya kota Istanbul, adalah saksi sejarah ketika kekhilafahan Utsmaniyah berjaya. Saksi ketika Sultan Muhammad Al Fatih berhasil menaklukan konstantinopel pada tahun 857 H. Dengan menyusuri Bosphorus Cruise, kita akan diajak napak tilas perjalanan pasukan ustmani dalam penaklukan kota konstantinopel yang menerjang kematian tanpa takut melihat kilatan-kilatan api dari gempuran meriam-meriam musuh dan masih banyak tempat lain yang akan dikunjungi ketika mengikuti paket Turki Muslim Tour.

Pengalaman spiritual yang luar biasa ini akan kita dapatkan dengan memilih Rabbani Tour sebagai travel umroh terbaik dan terpercaya. Sudah banyak testimoni dari jamaah yang memilih Rabbani Tour sebagai Sahabat menuju Baitullah, diantaranya adalah sebagai berikut:

Testimoni Umroh bersama Rabbani Tour
Rabbani Tour yang telah berpengalaman sejak tahun 1996 dengan track record 100% jamaah diberangkatkan tak diragukan lagi sebagai travel yang memiliki kualitas profesional. Rabbani Tour menyediakan akses dan kesempatan yang sama pada siapapun tanpa memandang fisik dan harta. Rabbani Tour juga memiliki program Tabungan Umroh tanpa Riba yang bekerja sama dengan BNI Syariah.

Komitmen Rabbani Tour dalam membantu dan melayani calon-calon tamu Allah merupakan bukti bahwa pelayanan yang diberikan adalah bentuk ibadah kepada Allah SWT. Sebab jika melakukan segala hal niatnya karena Allah dan Allah ridho maka apapun itu, dalam setiap langkah, Allah akan ada selalu bersama kita.

Ingin tahu lebih banyak informasi mengenai umroh bersama Rabbani Tour? KLIK DISINI

Bogor, 12 April 2016

January 29, 2016

Januari 2016

Akhir januari tiga tahun yang lalu, saya sedang dalam perjalanan menuju kediri. Membawa serta ego dalam diri yang saya kenakan selama nyaris dua minggu menjejak kota-kota besar di Jawa Timur dan Bali.

Tak banyak yang tahu setelah perjalanan tersebut saya mengalami efek berantai yang cukup membuat saya berkali-kali tersungkur. Melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya hingga akhirnya benar-benar berhenti di akhir tahun 2013. 

Saya tak lagi bicara kecuali hal-hal penting. Sebagai seorang public relation di sebuah komunitas sosial sejak tahun 2011 sayapun kemudian mengundurkan diri di awal tahun 2014, setelah sebelumnya absen selama satu tahun.

Mengingatnya kembali kini lebih terasa melegakan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Barangkali ruang dan waktu sudah cukup mengikis ingatan-ingatan buruk. 


Januari tahun ini saya meninggalkan Bandung, setelah hampir 2 tahun menetap di kota yang kabarnya memiliki index of happiness tertinggi di Indonesia. Saya suka menyusuri trotoar-trotoar dengan pohon-pohon teduh di sekitar jalan aceh, menghampiri tempat kos sahabat saya di gerlong atau menyusuri jalan di sekitar tempat kos saya ketika di Bandung. 

Lantas kini, berapa luas ruang dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengikis ingatan-ingatan baik? Saya hanya berharap, semoga setiap langkah berbuah kebaikan.

Januari ini, saya pulang. 

Bogor, 17 Januari 2016